Senin, 08 Februari 2010

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI KAB.PENAJAM PASER UTARA

Penajam.SIKU.Sejak tahun 2003 Yayasan Soisal dan Lingkungan (SIKU) telah melakukan pendidikan lingkungan hidup secara informal.Pendidikan tersebut melalui berbagai event seperti pelatihan kelompok petani tambak se-Kab.PPU,pembentukan dan pelatihan kelompok mangrove di Kelurahan Gersik,Diskusi Panel tentang Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,Seminar Sehari Perlindungan dan Pengawasan LH Untuk Mengurangi Dampak Pemanasan Global dan beberapa Lokakarya lainnya.

Di Balikpapan dan Tarakan Pendidikan Lingkungan Hidup telah menjadi kurikulum muatan lokal sejak tahun 2006,kemudian diikuti oleh Bontang.Bagaimana dengan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah otonomi yang ke-13 di Kalimantan Timur?
Tahun 2009 bulan agustus SIKU juga telah melaksanakan Seminar  dengan tema Pendidikan Lingkungan Hidup Menjadi Kurikulum Muatan Lokal (MULOK) Untuk SD dan SMP di Kab.PPU.Para peserta berasal dari guru-guru SD Negeri dan SMP Negeri yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga PPU,Bapak Rahman Nurhadi.Sedangkan yang menjadi narasumber antara lain Kabid.Pendidikan Lingkungan Bapedalda Propinsi Kaltim,Ibu Lyli,Kepala Kantor Lingkungan Hidup PPU,Bapak Drs.H.Dul Azis.M.Si.Ibu Diyah guru LH di SMP Negeri I Balikpapan serta Jufriansyah S.Hut dari LSM STABIL Kaltim.
Peserta yang hadir selain para guru perwakilan SDN dan SMPN se-PPU juga dihadiri oleh Kepala Dinas dan Instansi serta para mahasiswa perwakilan UNMUL dan toko masyarakat yang peduli lingkungan di PPU.
Materi yang disampaikan oleh para narasumber antara lain :
  1. Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Penajam Paser Utara oleh Kepala Kantor LH.PPU,Drs.H.Dul Azis.M.Si.
  2. Metode Pengajaran Lingkungan Hidup di Sekolah oleh Ibu Diyah.
  3. Kebijakan Pemerintah Dalam Melaksanakan Adiwinata (Pendidikan LH) oleh Ibu Lyli.
  4. Proses Penyusunan Kurikulum LH oleh Jufriansyah S.Hut
Sangat diharapkan para guru yang telah mengikuti seminar tersebut dapat menjadi guru mata pelajaran LH sisekolahnya masing-masing.Dan sekaligus kami juga mengusulkan agar mereka menjadi anggota TIM Penyusun Materi Kurikulum Lingkungan Hidup kepada pihak pemerintah.
Dalam sambutannya baik Kepala Kantor LH PPU maupun Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga PPU sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh SIKU.Kedua Pejabat ini memintah kepada pihak SIKU agar secepatnya memberikan laporan kepada Bupati PPU dan segera membetuk tim penyusun materi pembelajaran LH.
Semoga upaya dan usaha tersebut mendapat ridho dari Allah serta mendapat dukungan politik,sehingga dapat dianggarkan.Dan pada pertengahan tahun 2010,Pendidikan Lingkungan Hidup menjadi muatan lokal di Kabupaten Penajam Paser.***

Ditulis oleh : Emil Jamal

Tidak ada komentar: