Senin, 18 Januari 2010

AKTIVITAS UMUM


Penajam. Yayasan Sosial dan Lingkungan (SIKU) bergerak dibidang sosial dan kemasyarakatan serta lingkungan hidup.SIKU berdiri sejak februari 2003 dengan desa dampingan yaitu Kelurahan Gersik dan Kelurahan Jenebura di Kecamatan Penajam.Kegiatan yang dijalan di dua Kelurahan ini antara lain,tambak ramah lingkungan,daerah perlindungan mangrove dan Pembinaan Kelompok Nelayan serta kelompok perempuan.Kemudian tahun 2004 SIKU mengembangkan wilayah kerja di Kelurahan Gn.Seteleng dan Kelurahan Penajam.Karena Kedua Kelurahan ini memiliki garis pantai disekitar DAS Riko yang berhubungan langsung dengan teluk balikpapan.

Dan tahun 2004-2006 atas permintaan masyarakat dan pemerintah agar SIKU mengembangkan kegiatan disetiap wilayah pesisir Kabupaten Penajam Paser Utara.Antara lain Nenang,Sungai Paret,Sesulu(kecamatan Waru),Api-Api (Kecamatan Waru),Babulu laut (Kecamatan Babulu) dan Pantai Lango.
Sekarang SIKU sudah mendampingi beberapa kelompok masyarakat sejak tahun 2003.Kelompok yang menjadi target pembinaan adalah kelompok nelayan,kelompok tambak,kelompok mangrove dan kelompok perempuan.
Sejak tahun 2002 Kab.Penajam Paser Utara memiliki 14.600 ha hutan mangrove.Namun setelah kami mengadakan survey ulang pada bulan april-agustus 2008 mangrove berkurang menjadi 12.200 ha saja.
Upaya perlindungan hutan mangrove yang telah dilakukan antara lain penyebaran pamplet tentang larang pembukaan dan penebangan hutan mangrove/bakau,pembuatan plang larangan pembukaan hutan mangrove disekitar anak sungai di DAS Riko,penyuluhan lingkungan,pembuatan kesepakatan masyarakat Gersik tentang larangan merusak lingkungan disekitar DAS Riko,penanaman mangrove,survey mangrove,pengawasan mangrove dan mengirim surat peringatan bagi yang melanggar ketentuan yang telah dibuat.
Tahun 2005 SIKU sudah mengajukan Draf Perda Perlindungan Mangrove kepada pihak Pemkab PPU.Namun sampai sekarang belum mendapat respon yang baik.
Semoga lingkungan pesisir dan laut di Penajam menjadi acuan bagi daerah lain.Bravo PPU!!

Emil Jamal
________
Dir.Executive

Tidak ada komentar: